Bantu Mereka Menjadi Hafihz Al Qur'an

Salah satu misi SQ, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat muslim yang kurang mampu untuk mengakses pendidikan di Sabilul Qur`an.  Hal ini menjadi rutinitas kami dalam penerimaan peserta didik baru.  Kami mendapati tidak sedikit calon santri/siswa yang mempunyai potensi dan semangat belajar tinggi tetapi berasal dari keluarga yang kurang mampu. 

 

Untuk men-support mereka, selain mengajak orang tua/wali siswa yang lain mensubsidi biaya pendidikan mereka, Sabilul Qur`an juga menawarkan kepada kaum muslimin Program “Orang Tua Asuh Penghafal Qur`an”.

Program ini berjalan sejak pendirian Pesantren Tahfizh Sabilul Qur`an di tahun 2016. Per tahun ajaran 2018/2019, jumlah santri penerima program tersebut sebanyak 25 santri, atau sekitar sekitar 35% dari jumlah santri.  Pada tahun ajaran 2019/2020, penerima program ini tidak hanya santri penghafal Al-Qur`an dari tingkat pesantren, tetapi juga dari tingkat SD.

Semoga orang tua asuh penghafal qur’an juga mendapatkan balasan kebaikan dan pahala yang senantiasa mengalir, selama santri berusaha mempelajari, menghafal, memuraja’ah,  mengajarkan, dan mengamalkan Al-Qur`an.  Sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka baginya pahala seperti pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi akan pahala-pahala mereka sedikitpun dan barangsiapa yang menyeru kepada sebuah kesesatan maka atasnya dosa  seperti dosa-dosa yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi dari dosa-dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim).

Kualifikasi Santri Penerima Program

Kualifikasi santri penerima program ini meliputi:

  1. kondisi finansial orang tua kandung

  2. latar belakang kemampuan akademik,

  3. hasil penilaian tes tahfizh,

  4. penilaian budi pekerti sehari-hari.

 

Evaluasi Pemantauan

Sabilul Qur`an berkomitmen untuk menjalin komunikasi yang baik dengan Orang Tua Asuh Penghafal Qur’an.  Di antaranya dalam bentuk: memberikan laporan perkembangan santri secara berkala, baik pencapaian target tahfidzh, akademik, maupun prestasi lainnya, serta kunjungan

Jl. Sekar Kemuning No. 5, RT/RW 01/13, Kel. Kec. Kesambi, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45135

Chat Me:

wa chat.png

Follow Us:

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram