WORKSHOP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Bismillah..

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap individu yang tentunya sangat berkaitan erat dengan anak-anak. Sementara dunia anak merupakan hal yang sangat menarik untuk diselami. Banyak hal yang harus dipelajari dari berbagai sisi, termasuk sisi psikologis. Dan sudah selayaknya setiap individu yang berkecimpung di dunia pendidikan berusaha untuk dapat memahaminya. Tenaga pendidik sebaiknya memiliki pengetahuan mengenai karakter, potensi, bahkan kondisi mental dan kejiwaan para peserta didiknya. Sebab hal ini akan mempengaruhi metode yang digunakan ataupun proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung sehari-hari.

Menyadari kebutuhan tersebut, maka Yayasan Sabilul Qur'an menyelenggarakan Workshop Psikologi Pendidikan. Alhamdulillah, workshop tersebut sudah dilaksanakan pada Rabu, 30 September dan Jum'at, 9 Oktober 2020. Workshop ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada seluruh civitas akademika sekolah, khususnya para tenaga pendidik Sabilul Qur'an untuk lebih mendalami seluk beluk psikologi anak dan menerapkannya dalam dunia pendidikan. Workshop ini juga berfungsi sebagai wadah diskusi, dimana para tenaga pendidik dapat belajar lebih luas lagi mengenai pola asuh, kepribadian, problematika anak-anak berkebutuhan khusus, seperti pemyebab, ciri-ciri, penanganan serta berbagai permasalahan dalam lingkup anak-anak lainnya yang memang sangat kompleks, sehingga butuh pengetahuan dan pemahaman yang mendalam.

Pekan pertama, materi disampaikan oleh Dra. Hj. Fifi Alfiah, Psikolog yang memaparkan terkait tumbuh kembang, serta permasalahan psikologis pada anak. Kemudian pada pekan kedua, saatnya para tenaga pendidik yang sudah dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempresentasikan tema yang telah didapat sebelumnya. Antusiasme para tenaga pendidik cukup besar dalam menanggapi materi yang bisa dibilang dekat dengan keseharian dalam kegiatan belajar mengajar. Terlebih para tenaga pendidik harus berinteraksi dengan anak-anak peserta didik yang memiliki berbagai karakter dan 'keunikan' masing-masing.

Workshop masih akan berlanjut pekan depan, in syaa Allah. Banyak cara untuk belajar, dan diharapkan Workshop Psikologi Pendidikan ini menjadi salah satu media pembelajaran bagi seluruh elemen di Yayasan Sabilul Qur'an yang selalu haus akan ilmu. Serta sebagai sarana untuk terus meningkatkan kualitas individu sebagai hamba Allah yang harus senantiasa memperbaiki diri. Semoga Allah selalu mudahkan langkah kita semua dalam usaha memberikan pendidikan terbaik bagi setiap anak dan generasi penghapal Al-Qur'an, aamiin.

Sumber, 11 Oktober

Taman Tahfizh Sabilul Qur'an
Kembali ke Berita...

Jl. Sekar Kemuning No. 5, RT/RW 01/13, Kel. Kec. Kesambi, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45135

Chat Me:

wa chat.png

Follow Us:

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram