Sekolah Apa Yang Terbaik Buat Anakku ?

Awal tahun ajaran baru sebentar lagi akan tiba, bagi sebagian orangtua mungkin kebingungan untuk menentukan sekolah yang terbaik buat putra-putrinya yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Sudah selayaknya setiap orangtua menginginkan sekolah yang terbaik buat putra-putrinya, sehingga berbagai usaha ditempuhnya agar sang anak dapat belajar disekolah tersebut. Harta benda, tenaga dan pikiran rela dikorbankan demi anaknya agar bisa belajar disekolah itu.

Namun tahukah anda seperti apa sekolah Yang terbaik buat putra-putri anda ?
Simak sabda Rosulullah Sholallahu 'Alaihi wa sallam tentang sebaik-baiknya orang yang belajar dan yang mengajar.
عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري

Artinya: “Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” ( HR. Bukhari )

Kalau kita renungi tentang kandungan hadist di atas, kita akan memahami bahwa orang yang belajar al-Quran dan yang mengajarkannya adalah sebaik-baiknya manusia. Maka sekolah yang terbaik buat anak-anak kita adalah Sekolah yang didalamnya ada proses belajar-mengajar al-Quran.

Lalu kenapa ?! Sebagian kita masih ragu untuk memilih sekolah dimana putra-putri kita diajarkan al-Quran didalamnya. Padahal Rosulullah Saw dengan tegas mengatakan dalam sabdanya bahwa Satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan :
عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Setiap orangtua berharap dengan menyekolahkan anaknya agar kelak meraih kedudukan yang tinggi. maka tidak salah lagi dengan pilihan anda yang menyekolahkan anaknya di sekolah yang mengajarkan al-Quran. karena semakin banyaknya hafalan yang dimiliki oleh anak anda, akan menghantarkannya kepada kedudukan yang tinggi lagi hakiki.
يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) al-Qur’an nanti, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya! Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).”

Hadits ini diriwayatkan oleh imam Abu Daud dalam Sunannya no. 1464 dan imam Tirmidzi dalam sunan at-Tirmidzi, no. 2914, dan Ibnu Hibbân no. 1790 dari jalan ‘Âshim bin Abi Najûd dari Zurrin dari Abdullah bin ‘Amru secara marfu’.

Kami ucapkan selamat bagi anda yang telah memilih sekolah yang terbaik buat putra-putri anda.

Kami ucapkan selamat bagi anda yang memilih kemulian yang hakiki daripada yang semu.

Semoga al-Quran yang tertanam pada diri anak-anak kita, menyelamatkan kita dari panasnya api neraka.

Jangan pernah ragu dengan apa yang telah disampaikan oleh kekasih kita Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam karena setiap ucapan yang keluar darinya merupakan wahyu dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Oleh: Ustadz Idris Kalim Kamsuri, Lc. Hafizhohullohu
Kembali ke Berita...

Jl. Sekar Kemuning No. 5, RT/RW 01/13, Kel. Kec. Kesambi, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45135

Chat Me:

wa chat.png

Follow Us:

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram